keluyuran blog

Faedah permainan squishy

Dewasa ini, selain bermain gadget, banyak juga dari kita yang sukai bermain squishy.
Apakah rekan-rekan juga menyukai permainan yang satu ini?
Squishy adalah permainan terbuat dari bahan dasar spons.

Karena teksturnya yang lembut dan kenyal, meski diremas-remas, permainan ini akan kembali ke bentuk semula.
Bentuk squishy ini lucu-lucu dan unik, membuat kita ingin mengoleksi semuanya. Ada yang ukurannya besar dan kecil, biasa dimenjadikan gantungan kunci, hiasan tas, dan hiasan lainnya. Bukan hanya karena lucu dan menggemaskan, ternyata bermain squishymemiiki manfaat yang baik, lo, buat kita.
Kira-kira apa, ya, manfaat bermain squishy? Yuk, kita cari tahu bersama!

Melatih Motorik
Dewasa bermain squishy, biasanya kita memijat atau meremas, kan? Nah, dewasa kita melakukannya, gerakan tersebut bermanfaat untuk memperkuat koordinasi motorik halus. Terutama pada jari-jari dan telapak tangan kita.

Manfaat kognitif.
Bentuk squishy yang bermacam-macam bisa menmenjadi ajang anak untuk memperluas wawasannya. Misalnya, anak menjadi belajar mengenal bentuk dan nama dari buah-buahan, sayuran, alat-alat perkakas rumah, bumbu-bumbu dapur, atau aneka kue.

Manfaat bahasa.
Dari bentuk squishy yang bermacam-macam pula, anak bisa melatih imajinasi dan kemampuan bahasanya. Misalnya, dari squishy dengan model kue dan sayur, anak Anda bisa bermain transaksi jual-beli di toko. Ia ngobrol sendiri dan menciptakan rekan bayangannya atau mengajak Anda untuk ikut bermain peran bersamanya.

Manfaat emosi.
Disaat meremas squishy, anak dapat menyalurkan emosi negatifnya. Misalnya, kekesalan anak Anda akan berkurang dan bahkan menghilang disaat meremas squishy.

Manfaat sosial.
Squishy bisa menjadi ajang sosialisasi anak karena ia bermain dengan rekan-rekannya. Perpermainan yang bisa dilakukan adalah bermain peran. Misalnya, anak berperan sebagai penjual dan rekannya sebagai pembeli.

Semakin banyaknya pilihan perpermainan berbasis gadget, ternyata tak membuat pilihan permainan non-gadget diabaikan. Banyak permainan baru yang sedang digandrungi oleh anak-anak, salah satunya adalah squishy. Balita di Indonesia tak kalah dengan anak-anak Asia lainnya, beberapa diantara mereka ada yang memiliki koleksi squishy hingga ratusan buah, sedangkan harga squishy terbilang mahal.

Sumber: http://bendaunik.com